Selamat datang di DMP Musik! Untuk alamat website dan nama lama kami, www.dempomusik.com dan Dempo Musik, telah kami ubah menjadi DMP Musik di www.dmpmusik.com. Selamat berbelanja!

Piano Lebih Baik Dari Gitar

Posted by admin 14/07/2016 1 Comment(s)

Piano Lebih Baik Dari Gitar

Halo semua! Judul blog kali ini controversial, dan kayaknya bakal bikin emosi pemain-pemain gitar nih… Judul lebih lengkapnya:

 

Siapa Bilang Piano Lebih Baik dari Gitar, Gitar Lebih Baik dari Piano, atau Apapun Alat Musik Satu Lebih Baik Dari Alat yang Lain

 

Intinya kali ini mau membahas singkat menurut DMP Musik tentang perbandingan alat-alat musik. Kami merasa semua alat musik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga tidak bisa dibandingkan. Lebih baik Anda yang memilih sesuai yang paling Anda sukai dan nikmati aja musiknya bersama-sama aja.

 

Mari kita bahas sedikit beda alat-alat musik versi DMP Musik.

 

Timbre / Tone Color

 

Sesuai fakta kenyataan, setiap alat musik memiliki “timbre” (baca: tamber) yang berbeda, atau bahasa Indonesianya: warna tonal. Dengan warna tonal yang berbeda, tiap alat musik memiliki ciri khasnya masing-masing.

 

Ekspresivitas vs Cara Produksi Suara

 

Tiap alat musik, tergantung dari bentuk, maupun cara produksi suara, memiliki kemampuan ekspresivitas yang berbeda-beda. Alat-alat musik tiup cenderung memiliki kemampuan ekspresif emosi yang lebih tinggi karena kemampuan produksi vibra maupun getaran-getaran yang dihasilkan melalui tiupan pemain. Sebaliknya, alat musik pukul seperti piano dan drum, cenderung lebih susah untuk menghasilkan vibra yang ekspresif, sehingga kemampuan untuk mengekspresikan emosi lebih terbatas.

 

Kontinuitas Nada vs Cara Produksi Suara

 

Ada alat-alat music yang dapat menghasilkan suara yang berkesinambungan, sehingga saat berpindah nada, tidak ada saat “jeda” atau “putus”. Contohnya, gitaris dapat menggeser jari ke fret berikutnya / bending senar untuk merubah nada tanpa harus kembali memetik gitar. Saxophonis dapat merubah nada dalam 1 tiupan. Gitar dan saxophone dapat merubah nada tanpa terputus atau kontinu. Sebaliknya, piano dan drum, dengan cara produksi suara dipukul, untuk merubah nada, harus kembali memukul nada yang ingin diproduksi.

 

Range Suara vs Mobilitas dan Bentuk

 

Tiap alat musik memiliki range suara (jarak antara nada terendah dan nada tertinggi) yang berbeda-beda. Alat musik yang mobile / dapat dibawa ke mana-mana, memiliki range suara yang lebih sempit, karena harus berkompensasi dengan mobilitas. Alat musik yang permanen / susah dibawa, cenderung memiliki range suara yang lebih lebar karena pembuat dapat menambah jumlah nada terus menerus. Contohnya, piano memiliki range suara lebih lebar daripada gitar.

Selain mobilitas, bentuk alat juga berpengaruh pada range suara. Bentuk piano lebih memungkinkan untuk memproduksi suara dengan range yang lebih lebar dibanding gitar. Bentuk drum membutuhkan ruang yang lebih besar untuk tiap “nada”, sehingga range suara lebih sempit.

 

Kemampuan Produksi Jumlah Nada Bersamaan vs Bentuk

 

Bentuk alat berpengaruh terhadap kemampuan produksi beberapa nada secara bersamaan. Untuk gitar, karena bentuknya yang memiliki 6 senar, bagaimanapun kita petik, 1 senar dapat menghasilkan 1 nada secara jernih, sehingga kita dapat bilang bahwa gitar dapat menghasilkan maksimal 6 nada jernih bersamaan. Sebenarnya kita dapat menambah kemampuan ini, namun, ada jumlah maksimal senar yang dapat ditambah sebelum kita mengurangi mobilitas.

Untuk piano, karena memiliki senar yang banyak, mobilitas sangat rendah, dapat dibilang permanen. Piano dari bentuknya, dapat memproduksi lebih dari 10 nada secara bersamaan. Ga percaya? Coba bawa papan kayu dan tekan semua tuts piano secara bersamaan J.

Untuk drum, semua nada dapat dimainkan secara bersamaan, namun karena keterbatasan pemain, biasanya bisa memainkan maksimal 4 nada (tangan kanan, kiri, kaki kanan dan kiri) secara bersamaan. Untuk banyak alat musik tiup, umumnya dapat menghasilkan 1 nada saja karena bentuk dan cara produksi suara.

 

Perbedaan Banyak, tetapi Tetap Satu Tujuan

 

Nah, udah liat kan banyak perbedaan antara alat musik. Setiap alat musik memiliki ciri khas masing-masing yang terutama dipengaruhi bentuk alat tersebut. Piano memiliki kekurangan di mobilitas dan ekspresivitas vibra, namun kelebihan di range suara dan produksi jumlah nada bersamaan. Gitar memiliki kelebihan mobilitas dan ekspresivitas vibra, namun kekurangan pada range suara dan produksi jumlah nada bersamaan. Udah lah, kita jangan saling meributkan alat musik mana yang terbaik. Lebih baik nikmatin aja satu tujuan kita bermain musik:

 

Enjoying the Music

 

Salam DMP Musik

1 Comment(s)

Hack Poker V:
11/06/2018, 08:21:56 PM, www.hackpokerv.com
Reply

Bener gan memang piano agak sulit untuk di bawa ke mana mana . tidak seperti gitar yang mudah kita bawa ke mana saja . tetapi untuk range suara lebih banyak di temukan di piano . saya setuju banget nih sama artikel yang agan bahas sekarang . saya senang baca nya gan tq gan

Leave a Comment