Selamat datang di DMP Musik! Untuk alamat website dan nama lama kami, www.dempomusik.com dan Dempo Musik, telah kami ubah menjadi DMP Musik di www.dmpmusik.com. Selamat berbelanja!

Alat Musik Saya Paling Susah

Posted by admin 14/07/2016 0 Comment(s)

Ada banyak pemain yang merasa alat musiknya paling susah, kenapa sih?

 

Masih dalam sambungan topic blog post DMP Musik sebelumnya “Piano Lebih Baik Dari Gitar”, ada musisi-musisi yang merasa belajar alat musiknya lebih susah dari belajar alat musik lain. Mereka juga sering merasa alat musiknya paling superior. Apa sih pendapat DMP Musik?

 

Menurut saya pribadi, alat musik itu sangat personal… Dengan pengalaman saya belajar piano, gitar, drum, saxophone, biola, dan beberapa alat musik selama bertahun-tahun ini, saya merasa tingkat kesusahan belajar alat musik itu bergantung pada setiap individual.

 

Ada orang yang belajar secara visual, dan merasa lebih mudah memulai belajar piano daripada gitar, karena saya dapat melihat nada-nada yang ingin ditekan. Sementara di gitar, orang tersebut susah “melihat” nada yang harus ditekan. Namun, semakin belajar, dia merasa piano juga memiliki kompleksitas sendiri, karena harus memikirkan tangan kiri secara terpisah dengan tangan kanan. Ada orang yang merasa lebih mudah belajar gitar karena untuk transpose/pindah kunci lebih mudah pada gitar (geser fret).

 

Preferensi tidak berhenti di situ: ada orang yang lebih suka alat musik ritmis seperti drum dibanding alat musik melodis seperti piano dan gitar. Orang yang cenderung ritmis, lebih mudah belajar drum. Orang yang cenderung lebih suka menyanyi melodis, lebih mudah belajar piano maupun alat musik melodis lainnya. Orang yang nafasnya panjang, mungkin lebih mudah belajar saxophone daripada orang yang jarang berolahraga dan nafasnya pendek.

 

Yaaahhh….Intinya ya pilih dan nikmati aja alat musik yang kalian paling suka, jangan dengarkan pendapat orang lain :p. Tujuan utama bermain musik apa sih? Untuk dinikmati oleh yang mendengarkan kan? Alat musik gimanapun, asal bisa dinikmati oleh pendengar, sudah memenuhi tujuannya, tidak perlu kita saling ribut antar pemain musik. Lebih indah lagi bila alat-alat musik yang bervariasi dapat dimainkan secara sinergis dalam 1 grup secara bersamaan, dengan tujuan yang sama sebagai pemain musik: menikmati musik.

 

P.S. Jangan lupa baca artikel blog kita sebelumnya ya “Piano Lebih Baik dari Gitar”!

 

Salam DMP Musik

Leave a Comment